Peringati Hari Kebaya Nasional, Saeful Rizal Tegaskan Penting Mencintai Budaya BangsaGedung Baru Ekraf PPU di Penajam Siap Beroperasi, jadi Pusat Aktivitas Pelaku Kreatif‎Fun Bike Hari Bhayangkara ke-80 di Mahulu Dipenuhi Ribuan PesertaMesir Hentikan Langkah Australia Lewat Drama Adu PenaltiDiduga Jadi Lokasi Prostitusi dan Peredaran Miras, Aktivitas Wisma dan Kafe Ilegal di Santan Ulu Resahkan WargaKebutuhan Minyak Capai 1,6 Juta Barel per Hari, PHI Tekankan Pentingnya Produksi DomestikOmbudsman Kaltim Terima 278 Akses Masyarakat, Didominasi Aduan Penundaan LayananHadiri Rakernas ADPSI 2026, Achmad Djufrie Tegaskan Komitmen Pelestarian LingkunganGelar Sosper di Nunukan Timur, Rismanto Dorong Budaya Hidup SehatSosialisasikan Perda Pendidikan di Nunukan, Rismanto Tampung Aspirasi Soal Fasilitas dan GuruPeringati Hari Kebaya Nasional, Saeful Rizal Tegaskan Penting Mencintai Budaya BangsaGedung Baru Ekraf PPU di Penajam Siap Beroperasi, jadi Pusat Aktivitas Pelaku Kreatif‎Fun Bike Hari Bhayangkara ke-80 di Mahulu Dipenuhi Ribuan PesertaMesir Hentikan Langkah Australia Lewat Drama Adu PenaltiDiduga Jadi Lokasi Prostitusi dan Peredaran Miras, Aktivitas Wisma dan Kafe Ilegal di Santan Ulu Resahkan WargaKebutuhan Minyak Capai 1,6 Juta Barel per Hari, PHI Tekankan Pentingnya Produksi DomestikOmbudsman Kaltim Terima 278 Akses Masyarakat, Didominasi Aduan Penundaan LayananHadiri Rakernas ADPSI 2026, Achmad Djufrie Tegaskan Komitmen Pelestarian LingkunganGelar Sosper di Nunukan Timur, Rismanto Dorong Budaya Hidup SehatSosialisasikan Perda Pendidikan di Nunukan, Rismanto Tampung Aspirasi Soal Fasilitas dan Guru
Gaya Hidup

Merokok Kurang dari Lima Batang Sehari Tetap Meningkatkan Resiko Kematian Dini dan Penyakit Jantung

Koran Kaltim
19 November 2025
0 views
4 min
(freepik)

KORANKALTIM.COM - Sebuah studi oleh para peneliti dari Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat  mendapatkan data kalau  merokok antara dua dan lima batang sehari ternyata meningkatkan resiko kematian dini dan penyakit jantung. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS Medicine itu menemukan fakta merokok beberapa unit sehari meningkatkan risiko kematian dini hingga 60 persen dan resiko gagal jantung hingga 50 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakan tembakau. Berhenti merokok mengurangi bahaya itu, terutama jika dilakukan di usia muda.

Penelitian ini dilakukan oleh Michael Blaha dan timnya di Pusat Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Ciccarone di Universitas Johns Hopkins dengan kolaborasi para ahli dari lembaga AS lainnya. Para ilmuwan dari Pusat Penelitian Klinis dan Epidemiologi Rumah Sakit Universitas São Paulo dan Universitas São Paulo , di Brasil , juga berkolaborasi.

Sebelum analisis baru ini dilakukan, terdapat anggapan yang kuat kalau mengurangi merokok dapat melindungi jantung. Banyak orang percaya mengurangi dosis rokok harian dapat mengurangi kerusakan.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah mereka yang mengonsumsi kurang dari sebungkus sehari menghadapi risiko lebih rendah atau apakah sejumlah tembakau berbahaya. Tujuan utamanya adalah untuk mengukur risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung di antara perokok ringan, mantan perokok dan mereka yang tidak pernah merokok.

Efek berhenti merokok pada usia yang berbeda juga dipelajari untuk menentukan apakah waktu berhenti memengaruhi kesehatan kardiovaskular.

Tim menilai bagaimana berhenti merokok memengaruhi seseorang dalam jangka panjang dan menganalisis apakah ada manfaat nyata untuk mengurangi jumlahnya daripada menghentikan kebiasaan tersebut.

Perbandingan antara ketiga populasi tersebut ditujukan untuk memberikan jawaban yang jelas terhadap pertanyaan umum: apakah menurunkan dosis harian rokok benar-benar mengubah resiko penyakit jantung?

Para ilmuwan mengumpulkan data dari lebih dari 300.000 orang dewasa dari 22 studi longitudinal dengan tindak lanjut hingga 20 tahun .

Selama periode tersebut, tercatat lebih dari 125.000 kematian dan 54.000 kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung .

Ketika membandingkan mereka yang merokok dua hingga lima batang sehari dengan mereka yang tidak pernah merokok, ditemukan peningkatan 60 persen dalam kematian dini dan 50 persen dalam gagal jantung. Ini berarti dosis rendah pun menimbulkan resiko kardiovaskular yang signifikan.

Pengurangan resiko terjadi terutama selama sepuluh tahun pertama setelah berhenti merokok, tetapi tidak pernah sama dengan tingkat resiko pada mereka yang bukan perokok. Menurut para peneliti, resiko terendah ditemukan di antara mereka yang berhenti merokok sebelum usia 30 tahun.

Jumlah waktu yang berlalu sejak berhenti merokok sepenuhnya lebih penting daripada paparan jangka panjang terhadap dosis rendah.

Tim menyimpulkan mengurangi jumlahnya tidak menghilangkan kerusakan dan hanya berhenti merokok yang dapat melindungi jantung. “Ini adalah salah satu studi terbesar tentang merokok yang dilakukan hingga saat ini, dan menggunakan data berkualitas tertinggi dalam literatur epidemiologi kardiovaskular,” tulis mereka melansir dari laman infobae.com Rabu (19/11/2025) hari ini.

"Sangat mengejutkan betapa berbahayanya merokok: bahkan dalam dosis rendah, merokok melibatkan risiko kardiovaskular yang besar

"Sangat penting untuk berhenti merokok sesegera mungkin, karena waktu yang telah berlalu sejak penghentian total penggunaan tembakau lebih penting daripada paparan jangka panjang terhadap jumlah rokok yang lebih sedikit per hari," sebut mereka lagi.

Mereka mengakui tidak semua variabel sosial dan ekonomi disertakan, karena orang-orang berasal dari negara dan konteks yang berbeda. "Sangat penting untuk berhenti merokok sesegera mungkin Hanya dengan berhenti merokok secara permanen dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kematian dini,” tegas mereka.

Presiden Asosiasi Studi Tembakau Argentina  anggota Asosiasi Kedokteran Pernapasan Argentina dan kepala Layanan Pulmonologi di Rumah Sakit Universitas Austral memuji penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Amerika Serikat dan Brasil tersebut.

“Ini adalah penelitian yang akan banyak dikutip dalam literatur medis dan memiliki nilai besar bagi kita yang bekerja untuk berhenti merokok, tetapi juga bagi masyarakat umum,” kata mereka.

Orang yang merokok beberapa batang sehari cenderung kurang termotivasi untuk berhenti merokok dan lebih jarang menerima intervensi penghentian.

"Strategi-strategi ini mungkin kurang efektif karena kurangnya minat untuk berhenti merokok. Namun, terdapat banyak bukti ilmiah merokok ringan sekalipun memiliki konsekuensi negative dan studi baru ini memperkuat gagasan tersebut, hampir 50 persen risiko kardiovaskular terkonsentrasi pada orang yang merokok antara dua hingga lima batang sehari," jelas mereka.


Editor: Aspian Nur

Tags:

Gaya HidupBerita TerkiniIndonesia

Bagikan Artikel:

Tentang Penulis

Koran Kaltim

2

Penulis di kategori Gaya Hidup.